Cara Menghitung Biaya Membangun Sebuah Rumah

Cara Menghitung Biaya Membangun Sebuah Rumah-Dalam membangun sebuah rumah kita haruslah mempunyai perencanaan baik dari desain yang akan kita bangun ataupun dana yang kita persiapkan sehingga proses pembangunan rumah itu berjalan lancar, namun karena kurangnya pengetahuan di dunia kontruksi terkadang kita merasa bingung besarnya dana yang harus di persiapkan, nah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba berbagi cara menghitung biaya membangun sebuah rumah baik per meter persegi ataupun analisa harga satuan, sehingga anda bisa menghitung sendiri biaya yang harus anda persiapkan.

Perbedaan metode penghitungan antara per meter persegi dengan analisa harga satuan yaitu terletak pada ketelitian penghitungan, sebenarnya dengan menghitung secara analisa harga satuan sedikit lebih akurat jika di bandingkan dengan menghitung per meter persegi, namun masalahnya adalah anda memerlukan kesabaran dalam menghitung secara detail semua yang di butuhkan selama pengerjaan pembangunan, nah dari pada anda bingung dalam menghitung RAB (rencana anggaran biaya) membangun rumah sebaiknya anda simak dulu cara menghitung biaya membangun rumah seperti berikut.

cara menghitung biaya membangun rumah

cara menghitung biaya dalam membangun sebuah rumah

Menghitung Biaya Membangun Rumah Dengan Cara Per Meter Persegi

Cara yang pertama adalah dengan menghitung per meter persegi yaitu dengan cara mengukur luas depan rumah dan panjang rumah, setelah itu anda kalikan dengan harga permeter bangunan, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat contoh di bawah ini.

1. kita akan membuat rumah dengan lebar 7 meter dengan panjang ke belakang 10 meter

2. Selanjutnya kita kalikan 7m x 10m=70m2

3. kemudian kita hitung biaya persatuan misalkan saja 3.000.000 (harga satuan ini sebagai contoh dan tergantung dari material yang di gunakan dalam membangun rumah)

4. Maka dana yang anda butuhkan untuk membuat rumah dengan ukuran 70m2 adalah 70 x 3.000

000 = Rp.210.000.000.

Mudah bukan, namun cara ini memang ada kekurangan dan kelebihannya, yang pertama dari segi ketelitian memang masih jauh jika di bandingkan dengan cara menghitung dengan analisa dengan harga satuan dan cara ini tidak bisa kita jadikan patokan untuk menghitung kebutuhan material maupun tenaga yang di butuhkan selama membangun dan adapun keuntungannya ialah dapat di gunakan bagi mereka yang awam di bidang ilmu rencana anggaran dan data yang di butuhkan pun sedikit. nah selanjutnya ialah dengan menganalisa harga satuan.

Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah Dengan Analiasa Harga Satuan

Cara ini terbilang cukup teliti dan hampir mendekati nilai sebenarnya walaupun terdapat selisih mungkin tidak akan terlalu jauh, adapun data-data yang anda perlukan dengan menghitung menggunakan metode ini adalah.

1. Sketsa rancangan yang akan kita bangun.

2. Spesifikasi bahan meterial yang akan di gunakan.

3. Membuat tabel rincian yang akan di kerjakan.

4. Mencari tahu berapa harga upah pekerjaan pada saat ini.

5. Menghitung volume pekerjaan per item.

6. Mengalikan volume item dengan analisa harga satuan.

7. Dan yang terakhir adalah menghitung dana keseluruhan.

Baca juga :

Memang cara yang kedua ini cukup rumit dan memerlukan ketelitian misalkan saja anda ingin membangun rumah maka mulai dari persiapan sampai pengecatan rumah dan instalsai listrikpun harus benar-benar di cek secara teliti, jadi data yang di hasilkanpun lebih akurat.

Nah itulah dua cara menghitung biaya membangun rumah, semoga dengan adanya cara ini memberi solusi bagi anda untuk dapat menghitung sendiri dana yang anda perlukan dalam membangun sebuah rumah.

Cara Menghitung Biaya Membangun Sebuah Rumah | admin | 4.5